Berita Utama

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Aceh

Kabar Aceh, Banda Aceh - Aceh adalah provinsi di ujung Pulau Sumatera yang memiliki beragam tempat wisata, mulai dari wisata bahari sampai wisata alam. 

Keindahan alam yang memesona membuat beragam tempat wisata di Aceh sebaiknya tak dilewatkan, terutama jika kamu sedang berkunjung ke sana.

Jangan lupa pula mencicipi kuliner khas yang bakal membuat sesi melancongmu menjadi semakin lengkap. 

Tempat Wisata Aceh 

Kabar Aceh mengutip dari kompas telah merangkum Rekomendasi tempat wisata di Aceh yang menarik untuk dikunjungi, berikut daftarnya:

1. Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee, Aceh, salah satu tempat wisata di Aceh

Pantai Lhok Mee yang berpasir putih terletak di Desa Lamreh, Masjid Raya, Aceh Besar. Objek wisata ini berjarak sekitar 35 kilometer (km) dari Banda Aceh.

Pihak pengelola pantai telah menyediakan beragam fasilitas dan atraksi untuk pengunjung, di antaranya jembatan apung dan net voli.

Sejumah warung penjual makanan dan minuman juga bisa dijumpai di tempat ini.

2. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar, salah satu tempat wisata di Aceh.

Danau Laut Tawar di Aceh berada di atas Dataran Tinggi Gayo, serta dapat ditempuh sekitar tujuh jam dari Banda Aceh.

Saat berwisata di danau yang dikelilingi bukit ini, pengunjung dapat menyewa kapal untuk berlayar ke tengah danau. Panorama yang indah membuat tempat wisata Aceh ini sayang untuk dilewatkan.

3. Air Terjun Pria Laot

Air Terjun Pria Laot, salah satu tempat wisata di Aceh.

Dilansir dari Kabar Aceh, Air Terjun Pria Laot berlokasi di pelosok Pulau Weh, Sabang, Aceh.

Pengunjung perlu berjalan melewati batuan terjal dan menyeberangi sungai guna mencapai air terjun ini.

Di bawah derasnya air terjun, terdapat sebuah kolam dengan luas 10 meter persegi yang berkedalaman antara satu sampai satu setengah meter.

4. Pulau Rubiah

Air Terjun Pria Laot, salah satu tempat wisata di Aceh.

Untuk pencinta aktivitas diving dan snorkeling, Pulau Rubiah adalah salah satu tempat wisata Aceh yang dapat dikunjungi.

Pulau yang termasuk dalam wilayah Kota Sabang ini terkenal akan pemandangan bawah lautnya. Pulau ini juga menjadi rumah dari 14 biota laut yang dilindungi.

Bagi pengunjung yang tak membawa peralatan menyelam sendiri dapat menyewa di tempat tersebut dengan harga mulai dari Rp 400.000 per orang.

5. Goa Sarang

Goa Sarang, salah satu tempat wisata di Aceh

Sama seperti Air Terjun Pria Laot, Goa Sarang juga terletak di Pulau Weh. Disebut Goa Sarang lantaran objek wisata ini dipenuhi sarang burung walet.

Goa ini memiliki mulut yang langsung menghadap ke laut. Oleh karena itu, jika cuaca sedang cerah, wisatawan dapat melihat Kabupaten Aceh Besar yang terletak di seberang pulau.

Pemandangan matahari terbenam (sunset) di Goa Sarang menjadikan daya tarik di tempat wisata Aceh ini begitu sayang untuk dilewatkan.

6. Gunung Jaboi 

Wisatawan lokal mengunjungi kawah dua gunung api Jaboi di Sabang, Aceh, Sabtu (24/12). Gunung Merapi Jaboi yang hingga kini masih berstatus aktif tetapi tidak dalam status waspada ataupun berbahaya itu memiliki sumber air panas yang mengandung asam sulfat, asam bikarbonat serta sulfur yang menjadi salah satu destinasi wisata di pulau Weh. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Gunung Jaboi merupakan gunung berapi aktif yang ada di Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Sabang.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meski tak begitu tinggi, jalur pendakiannya dinilai cukup menantang. 

Tempat wisata Aceh yang satu ini juga terhubung dengan Gunung Leuo di Desa Berawang, Sabang, Aceh.

7. Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot, salah satu tempat wisata di Aceh

Tak hanya Danau Laut Tawar, Aceh juga memiliki Danau Aneuk Laot di Kota Sabang. Pengunjung bisa bermain air atau sekadar bersantai di tepi mengamati air danau.

8. Dermaga Pantai Menye

Pantai Menye, di Desa Lenong Bulan Dua, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (28/7/2020). Ini adalah salah satu tempat wisata di Aceh.

Danau Laut Tawar menawarkan beberapa lokasi wisata, salah satunya adalah dermaga kayu di Pantai Menye. 

Dermaga ini berupa sandaran perahu yang dibangun di tepi Danau Laut Tawar, Takengon, Aceh Tengah. 

Untuk menjangkau tempat wisata Aceh ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

9. Buntul Rintis

Buntul Rintis, Takengon, salah satu tempat wisata di Aceh

Objek wisata Buntul Rintis berlokasi di Desa Tensaren, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah.

Objek wisata ini berupa perbukitan yang memiliki beberapa wahana. 

Pengunjung dapat menemukan spot foto dengan beragam konsep. Adapun, beberapa spot favorit pengunjung, antara lain sepeda gantung, replika kincir angin, dan spot kupu-kupu.

10. Dermaga Dedalu

Dermaga Dedalu di Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Jumat (30/10/2020). Ini adalah salah satu tempat wisata di Aceh.

Dermaga Dedalu terletak di sekitar Danau Laut Tawar. Objek wisata ini menyediakan pondok-pondok kecil bagi pengunjung yang ingin melihat Danau Laut Tawar dari pinggir.

Tak hanya itu, ada spot foto favorit berupa jalanan kayu yang menghadap bukit dan danau.

Jika beruntung, pengunjung juga bisa mencoba menaiki kuda milik penduduk setempat yang kadang mencari rumput di sekitar Danau Laut Tawar.

Type and hit Enter to search

Close