Berita Utama

UIN Ar Raniry Wisuda 1.635 Lulusan

UIN Ar Raniry Wisuda 1.635 Lulusan

Kabar Aceh - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh meluluskan 1.635 wisudawan dari jenjang sarjana, magister, dan doktoral pada Rapat Senat Terbuka Wisuda Gelombang I Tahun Akademik 2023/2024.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 30-31 Januari 2024 bertempat di Gedung Auditorium Prof Ali Hasjmy Darussalam Banda Aceh. 

Dari jumlah lulusan tersebut, UIN Ar-Raniry meluluskan 1569 lulusan sarjana strata satu, 58 lulusan Magister, dan 8 lulusan Doktor. Sebanyak 18 lulusan berasal dari Malaysia.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg, dalam amanatnya menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang telah diraih oleh para lulusan dan mendorong mereka untuk melanjutkan studi dalam menghadapi dinamika sosial dan pasar kerja yang terus berkembang.

“Anda patut bersyukur kepada Allah SWT karena ijazah yang anda terima pada prosesi wisuda hari ini telah tertera akreditasi institusi unggul yang telah kita raih pada usia ke 60 tahun institusi ini,” ungkap Mujib, Senin, 30 Januari 2024.

Mujib berharap, percapaian akreditasi institusi perguruan tinggi dengan predikat unggul serta beragam program studi yang unggul menjadi modal berharga bagi para alumni dalam meraih kesempatan di berbagai bidang pekerjaan sesuai dengan keahlian masing-masing.

Namun, Mujib mengingatkan bahwa prestasi akademik bukanlah jaminan keselamatan dan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat. 

Ia menekankan pentingnya moralitas yang tinggi sejalan dengan prestasi akademik. Ia juga mengingatkan para lulusan untuk menjaga integritas, keimanan, serta mengamalkan ilmu dengan penuh keikhlasan dan istiqomah.

“Biasakan jiwa dan raga Anda terhubung dengan Allah, jangan tinggalkan shalat, penuhilah shaf-shaf masjid ketika azan berkumandang. Tunjuki kepada masyarakat bahwa Anda adalah alumni yang mampu tampil di masyarakat baik dalam lingkup keagamaan, sosial budaya, politik, bisnis dan entrepreneur dan sebagainya,” ujarnya.

Khusus untuk para lulusan dengan predikat cumlaude yang diwisuda pada kesempatan kali ini dan berkesempatan melanjutkan studi ke jenjang magister di UIN Ar-Raniry untuk memanfaatkanlah kesempatan dan peluang ini sebaik mungkin.

“Insya Allah nantinya lembaga akan memfasilitasi dan kita akan memberikan biaya pendidikan kepada mahasiswa-mahasiswi yang terbaik tersebut,” tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Muhammad Yasir Yusuf MA, dalam laporannya menyebutkan bahwa dari 1.635 wisudawan, 581 di antaranya adalah laki-laki dan 1054 perempuan. 

Dari total wisudawan, 94 orang meraih predikat Cumlaude, 759 lulus dengan pujian, 760 memperoleh predikat sangat baik, dan 22 lainnya meraih predikat baik.

Muhammad Yasir Yusuf juga menjelaskan bahwa dengan bertambahnya 1.569 lulusan sarjana, 58 lulusan Magister, dan 8 lulusan Doktor, jumlah alumni UIN Ar-Raniry Banda Aceh kini mencapai 57.025 lulusan.

Rinciannya, dari 1.569 lulusan sarjana strata satu, berasal dari berbagai fakultas, antara lain Fakultas Syari’ah dan Hukum meluluskan 208 lulusan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 681 lulusan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat 77 lulusan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 132 lulusan dan Fakultas Adab dan Humaniora 116 lulusan.

Kemudian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 146 lulusan, Fakultas Sains dan Teknologi 104 lulusan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan 79 lulusan dan Fakultas Psikologi meluluskan 26 lulusan.

Type and hit Enter to search

Close