Berita Utama

Atlet Aceh Pecah Rekor PON Lontar Martil

KETUA PASI Aceh, Bachtiar Hasan menyerahkan medali emas kepada Dedi Yusuf di nomor lontar martir PON XXI Aceh-Sumut 2024, Selasa (17/9). Waspada/Aldin NL

ACEH TODAY - Atlet atletik Aceh menyabet medali emas lontar martil atas nama Dedi Yusup dengan lembaran 55,27 meter. Lemparan tersebut sekaligus memecahkan rekor PON atas nama Rafika Putra dengan lemparan 54.05 meter pada 10 Oktober 2021 di Papua.

Berlomba di Lintasan Atletik Sport Center Sumut, Deliserdang, Selasa (17/9), Dedi Yusuf memantapkan lemparan kedua dari enam lemparan. Urutan kedua dan ketiga diraih Radika Putra dari Padang dengan lemparan 54.12 meter dan Fahri Syuryansyah dari Jabar dengan lemparan 52,75 meter.

Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Aceh, Bachtiar Hasan, tak mampu menyembunyikan rasa bahagia ketika ditanya sukses atlet PASI Aceh di ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Target PASI Aceh adalah bisa melebihi raihan 1 medali emas. Sebab sejak PON di Jabar hingga Papua kita hanya memperoleh 1 emas. Kali ini berkat kerja keras semua pengurus, pelatih dan atlet kita telah memberikan yang terbaik untuk Aceh,” ungkap Bachtiar Hasan yang juga Ketua Kontingen Aceh di Wilayah Sumut tersebut.

"Ke depan, kata Ketua Pelatda KONI Aceh ini, bagaimana mampu mempertahankan prestasi yang sudah diraih dan berharap pada PON ke depan PASI Aceh bisa mempertahankan tradisi emas dan lebih baik lagi dari PON Aceh-Sumut,” katanya.

Pelatih kepala atletik Aceh, Firman Facharuddin bersyukur berkat dukungan seluruh warga Aceh, PASI berhasil memenuhi taget 3 emas dalam PON 2024. 

“Hasil ini tercatat sejarah bisa raih 3 emas. Biasa setiap PON kita hanya mampu sumbang 1 emas,” lanjut anggota TNI yang sudah menangani tiga kali PON tersebut.

Menurut Firman, keberhasilan ini berkat dukungan pimpinan PASI yang terus menerus memenuhi kebutuhan atlet. 

“Walau banyak hambatan dan rintangan, pembinaan atlet selama dua tahun mampu memenuhi target,” ucap Firman Facharuddin.

Peluang medali Aceh masih terbuka dan berpeluang besar di nomor marathon atas nama Reza Aulia Pradipta yang akan tampil pada Kamis (19/9) sore. (***)

Ikuti Kami di Google News, WhatsApp Channel

Type and hit Enter to search

Close