Berita Utama

79 Bendera Merah Putih Berkibar di Mercusuar Willem’s Torrent Pulo Breuh

Kepala Badan Kesbangpol Aceh Dedy Yuswadi bersama Kabid Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan Dan Karakter Bangsa Munarwansyah mengibarkan Bendera Merah Putih di Mercusuar Willem's Torrent III, Pulo Breuh, Aceh Besar, Sabtu, 6 Juli 2024. Foto: Istimewa

ACEH NEWS - Pemerintah Aceh melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik mengibarkan 79 Bendera Merah Putih di Mercusuar Willem’s Torrent III, Pulo Breuh, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu 6 Juli 2024.

Selain mengibarkan bendera, Badan Kesbangpol Aceh juga membagikan sebanyak 500 bendera Merah Putih kepada masyarakat.

Gerakan pembagian bendera ini merupakan arahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian guna menyemarakkan hari ulang tahun ke-79 RI.

Proses pengibaran bendera Merah Putih ini dilaksanakan Kepala Badan Kesbangpol Aceh Dedy Yuswadi AP dan Kabid Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Munarwansyah serta seluruh unsur terkait lainnya.

Kegiatan pengibaran bendera ini merupakan bagian untuk menggugah kembali rasa na
sionalisme masyarakat dengan mengibarkan bendera merah putih dalam rangka peringatan Kemerdekaan RI.Badan Kesbangpol Aceh memilih Mercusuar Willem’s Torrent III sebagai lokasi pengibaran bendera karena bangunan bersejarah ini merupakan peninggalan Pemerintah Belanda yang dibangun 1875.

Mercusuar bundar yang memiliki tinggi 45 meter dengan enam tingkat serta memiliki 168 anak tangga ini hanya ada tiga di dunia.Selain di Aceh, tower ini terdapat di Belanda dan juga di Kepulauan Karibia.

Tetapi tower yang di Belanda kini telah diubah fungsi menjadi museum, sedangkan dua yang lain masih aktif.Indra Wahyudi, Operator Menara Suar Willem’s Torent III mengatakan, kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan di Mercusuar ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan.

“Belum pernah ada kegiatan seperti ini sebelumnya disini. Kami sangat senang dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan hari ini,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kaban Kesbangpol beserta rombongan juga membagikan Bendera Merah Putih kepada masyarakat Pulo Breuh.Bendera-bendera ini merupakan hasil penggalangan dari SKPA, BUMN, lembaga vertikal, dan instansi pemerintahan. 

Gerakan ini juga diikuti oleh seluruh Kabupaten/kota di Aceh yang juga menggelar penggalangan bendera. (red)

------

Simak berita pilihan dan terkini lainnya di Google News, WhatsApp Channel dan Telegram

Type and hit Enter to search

Close