Berita Utama

38 Geuchik Akan Berakhir Masa Jabatan

38 Geuchik Akan Berakhir Masa Jabatan
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kota Langsa, Al Azmi SSTP MAP. Waspada/Rapian

Kabar Aceh, Banda Aceh - Sebanyak 38 geuchik dalam wilayah Pemko Langsa akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 7 Juli 2024 mendatang dan akan digantikan dengan Penjabat (Pj) untuk menjalankan roda pemerintahan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kota Langsa, Al Azmi SSTP MAP, yang dihubungi wartawan, Selasa (14/5) menjelaskan bahwa pada bulan Juli 2024 secara otomatis jabatan geuchik berakhir.

Menurutnya, ada sekitar 47 gampong yang sudah habis masa jabatan geuchik, namun 7 diantaranya telah diisi oleh penjabat sementara yang kini mengisi kekosongan jabatan geuchik dimaksud.

Kemudian masih ada 2 lagi yang berakhir pada bulan Desember 2024 yaitu Gampong Simpang Lhee dan Gampong Teulaga Tujuh, Kecamatan Langsa Barat.

Jadi total dari 47 yang sudah ada Penjabatnya 7 orang dan 2 lagi masih aktif atau berakhir Desember, maka secara serentak untuk penempatan Penjabat hanya 38 gampong saja.

Nantinya, 38 gampong yang kosong geuchik akan ditempatkan para ASN yang didominasi dari masing-masing kecamatan dalam wilayah Pemko Langsa.

“Biasanya para ASN yang ada di kantor kecamatan untuk mengisi jabatan lowong para geuchik tersebut,” jelas Al-Azmi.

Pun demikian, para penjabat yang akan bertugas mengisi kekosongan para geuchik ini terbilang panjang masa kerjanya hingga usai pelantikan Pilkada pada Februari tahun 2025 nantinya.

“Saat ini kita dihadapkan oleh Pilkada dulu, lantas setelah dilantik kepala daerah maka akan dilaksanakan pemilihan geuchik secara serentak,” ungkap Al Azmi.

Sumber: waspada

DomaiNesia

Type and hit Enter to search

Close